review dan alasan gabung di kelas1m

Review Jujur Ecourse Online Kelas1M

Ditengah pandemi corona yang mewabah hampir diseluruh pelosok nusantara dan dunia ini, berimbas hampir di semua sektor usaha. Hal ini juga saya alami sendiri yang memiliki 2 Toko offline yang menjual produk fisik. Satu toko saya tidak bisa bertahan dan akhirnya tutup, sementara satu toko lagi Alhamdulillah masih bisa bertahan.

bisnis digital ditengah pandemi corona

Disisi lain, merebaknya virus covid-19 ini berbanding lurus dengan perkembangan bisnis digital yang semakin naik daun terutama di Indonesia. Hal ini terbukti banyak iklan produk digital yang lalu-lalang di Beranda Facebook saya. Ditambah lagi ada beberapa ecourse online yang khusus mengajarkan bagaimana menjual produk digital. Salah satu ecourse online yang saya maksud adalah Kelas1M.

Mengenal eCourse Online Kelas1M

Yes, kelas online itu namanya Kelas1M. Kenapa dinamakan kelas1m, karena menurut mentornya target dari pembelajaran itu bisa meraup untung 1 Milyard dengan berjualan produk digital. Mungkinkah?

Tentunya Mas Andrie selaku mentornya tidak sembarangan membuat target seperti itu. Dengan perhitungan yang matang dan masuk akal pencapaian 1 Milyard bukanlah hal yang mustahil jika mengikuti arahannya.  Saya adalah salah satu member kelas1m yang dalam artikel ini sedikit mau mereview secara jujur tentang kursus online yang di mentori oleh salah satu jajaran pakar internet marketing asal Indonesia. Sebelumnya, yang masih belum kenal dengan saya.. Monggo kenalan dulu di Facebook.com/imers.nuri

review dan alasan gabung di kelas1m

Mengapa saya putuskan untuk gabung di Kelas1M?

Sebenarnya saya agak malas untuk menulis, kalau butuh artikel biasanya beli aja di penulis artikel baru kemudian di rewrite sendiri. Akan tetapi untuk artikel review tentunya tidak akan nyambung jika beli di jasa artikel. Ya sambil sedikit meresume tentang kelas online ini dan ada sedikit waktu longgar saya bisa mengulas sedikit terkait sistem pembelajaran ini.

Sebelumnya saya mau ulas sedikit perjalanan bisnis online saya, Sebenarnya saya sudah sejak tahun 2009 silam mulai mengenal bisnis online. Mulai jamannya JOKO SUSILO (Pemain lama pasti tahu) itu sudah mulai mengenal bisnis online. Dan berbagai jenis bisnis online pernah saya jalanin. Mulai dari PTC, Amazon, CJ, JVZoo, Adsense, List Building, Toko Online, Jasa install, dll banyak banget deh… Beberapa tahun hampir semua bisnis tersebut saya jalanin, gak ada fokus di satu bisnis. Waktu itu saya masih jadi karyawan Pabrik. Akan tetapi hasilnya belum begitu signifikan. Dan yang paling signifikan adalah Toko online.

Dan mulai sekitar tahun 2013 kalau gak salah, saya fokus toko online. Waktu itu saya fokus jualan Jam tangan original (Kalau anda tahu okewatch.com itu dulu punya saya, sekarang gak tahu itu punya sapa). Alhamdulillah waktu itu marketplace belum merajai di google, dengan optimasi SEO ala kadarnya Alhamdulillah waktu itu hampir disetiap kata kunci jam tangan, website saya hampir merajai di halaman satu google. Selain itu, saya juga jualan Gamis syar’i dan obat Herbal, karena ada toko offline nya juga.

Akan tetapi semakin kesini, Marketplace merajai Google, sehingga web toko online saya susah untuk bersaing. Udah gitu di Marketplace terjadi perang harga. Alhasil setahun terakhir ini ngefek banget di pesanan online. Akhirnya saya hanya jualan beberapa produk tertentu (produk fisik) yang tidak terjadi perang harga.

Yowes, akhirnya saya putuskan untuk memulai lagi di bisnis digital di era pandemi corona ini. Dari pada saya belajar di hutan belantara saya ingin belajar di kelas online premium, yang penting saya tahu siapa mentornya. Singkat cerita, nongolah iklan Kelas1M diberanda Facebook saya. Saya cek, dan penasaran… Akhirnya kuputuskan untuk ikut kelasnya Mas Andrie, karena saya tahu track record beliau.

review kelas 1 milyar

Di Kelas1M saya temukan Penjelasan yang Gamblang

Yes, Setelah saya ikuti kelasnya beberapa minggu yang lalu saya bisa tarik beberapa kesimpulan terkait mindset bisnis digital ini. Entah itu mengenai produk apa yang dijual, bagaimana riset marketnya, bagaimana cara menawarkan produknya, dan lain-lain masih banyak lagi ilmu-ilmu yang diajarkan beliau.

Memang materi-materi yang ada di kelas 1 milyard mungkin banyak bertebaran di google ataupun Youtube, akan tetapi seperti yang saya bilang diawal-awal artikel ini … anda akan kebingungan mulai dari mana, seperti apa mindset yang benar. Dan bisa-bisa anda tidak bisa fokus.

Berbeda di kelasnya mas Andrie ini, dimana materi-materinya sudah disusun rapi. Sehingga kita sudah diajarkan dari mana untuk memulainya, apa yang sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu dan seterusnya.

Dan satu hal yang saya beri garis bawah mengenai cara beriklan di Facebook ads untuk produk digital. Ini yang saya acungi jempol, begitu mudahnya tidak sesulit apa yang saya pikir sebelumnya bagaimana untuk mengumpulkan List. Yes, secara tidak langsung anda juga akan belajar List Building di kelas online ini. Karena dalam tahap coba-coba kemarin saya berhasil mengumpulkan List 500-an lebih dalam waktu beberapa hari saja.

Hal lain buat Catatan yang belum ikut Kelas1M

Warning Buat Pemula (Newbie)
Disisi lain, ada beberapa catatan yang perlu juga saya garis bawahin terkait mentoring online ini. Kalau menurut saya, kelas ini untuk tingkat menengah hingga keatas. Jika anda masih pemula (Belum tahu sama sekali masalah website), bukannya anda tidak boleh gabung, boleh saja anda gabung, tapi anda harus mau kerja keras ikutin materi, jangan sampai anda ketinggalan kelas gara-gara lambat setup dan setting website sana-sini…

Warning Buat Dana Cekak
Bagi anda yang memiliki dana cekak, sebaiknya baca terlebih dahulu sedikit ulasan dari saya dibawah ini, sebelum anda memutuskan untuk mengikutinya sementara anda hanya memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya course nya saja. Hindari hutang untuk memulai bisnis baru …

Biaya gabung kelas1m tidak murah tapi masih terjangkau, akan tetapi yang perlu diperhatikan juga bahwa untuk menjalankan bisnis digital sesuai dengan materi yang diajarkan di  kelas1m ini, masih diperlukan dana lain yang bisa dibilang tidak sedikit. Beberapa dana yang dibutuhkan diantaranya :

Domain + Hosting
Hampir semua bisnis online menggunakan dua poin ini, begitupun di kelas online ini nanti juga harus memiliki domain dan hosting. Kalau menurut rekomendasi dari mentornya pakai Niagahoster, ada promo diskon disana. Akan tetapi info dari member lain katanya promo tersebut hanya untuk tahun pertama saja [Sebaiknya anda tanyakan langsung kepada CS Hosting yang bersangkutan terkait promonya]
Kalau rekomendasi dari saya sih untuk mencari hosting, hindari hosting yang memberikan promo-promo heboh seperti itu, pengalaman saya ada batu dibalik udang [ups, kelabik ya…. wekekek]

Landing Page Website
Yes, Anda harus memiliki sebuah landing page untuk menaruh sales letter tentang produk digital anda. Di kelas ini nanti disarankan untuk menggunakan Landing kit. Lagi-lagi anda harus keluar modal yang tidak murah, jika mengikuti arahan mentornya. Tapi anda dapat benefit yaitu hemat waktu dan kemudahan dalam membuat landing page.
Alternatif atau rekomendasi dari saya pribadi sih belum perlu, karena saya pikir itu bukanlah hal utama. Sebaiknya anda gunakan saja Plugin elementor yang free, banyak tutorial di Youtube bagaimana cara membuat landing page dengan elemtor gratisan. Hanya saja anda harus punya sedikit waktu untuk meluangkan belajar elementor. Alternative kedua, anda bisa cari jasa install yang legal untuk isntall elementor pro (jika anda menggunakan elementor pro, anda juga harus langganan tahunan, jika berhenti langganan, maka fitur-nya tidak bisa jalan di landing page anda).

Atau alternative lain yang lebih dompet friendly, menggunakan jasa install template landing page lainnya. Bisa coba cari di forum-forum atau di beranda facebook. Atau anda juga bisa gunakan jasa install template elementor di tukang jasa install.

Tool email marketing Autoresponder
Tool ini wajib anda miliki jika ikut kelas online ini. Di ecourse ini disarankan menggunakan Getrespon atau kirim email. Kedua layanan email marketing tersebut emang bagus jika dilihat dari review penggunanya. Akan tetapi mahal, itupun anda harus langganan perbulan. Ini yang harus anda perhatikan.
Memang untuk Getresponder ada free trial untuk 1 bulan, bulan berikutnya bayar mulai dari $15/bulan. Mungkin anda ejoy aja dibulan pertama. Bulan berikutnya? Mau tidak mau harus bayar, kalau tidak mau bayar data List hilang semua. Jadi bagi anda yang menggunakan layanan free trial di bulan pertama ini untuk belajar, jangan lupa backup semua List yang berhasil anda kumpulkan sebelum layanan Free Trial hangus. Data list bisa anda gunakan dikemudian hari, bisa di import ke layananan email marketing yang Dompet Friendly.

Rekomendasi Tool email marketing Autoresponder
Nah, saya hanya sekedar merekomendasikan saja terkait Tool email marketing yang lebih bersahabat di kantong. Ada 2 alternative yang patut anda pertimbangkan. Yang pertama anda bisa coba layanan liink.id/mailketing dan autobiznis.top. Saya pakai keduanya dan sejauh ini alhamdulillah fitur banyak dan rate masuk inbox tinggi.

Tool tambahan lainnya
Tool lainnya sebagai pelengkap yang direkomendasikan adalah tool membership. Di kelas 1 Milyar ini juga disinggung sedikit pentingnya memiliki website membership. Dan direkomendasikan menggunakan Plugin WordPress Sejoli. Akan tetapi harganya lumayan mahal dan harus langganan per tahun.

Alternative Tool membership lainnya
Jika anda ingin membuat website membership untuk jualan produk digital, jika memiliki dana cekak saya rekomendasikan menggunakan MembershipBiznis.top. Tool membership ini harganya lebih murah dan tidak ada biaya langganan pertahun, jadi dia cukup sekali bayar saja. Fitur-fiturnya cakep-cakep. Fitur yang bagus menurut saya sendiri bisa diintegrasikan dengan bot telegram, jadi otomatis terkirim notifikasi ke telegram jika ada update dari member seperti jika ada user baru, penjualan baru, dan lain-lain. Kemudian juga bisa auto konfirmasi pembayaran tanpa menggunakan layanan dari pihak ketiga seperti moota, tambah hemat lagi, bukan?

Yes, kurang lebih seperti itu jika anda join di kelas1m. Saat saya ikut kelasnya mas Andrie ini, kebetulan pas lagi sibuk ngurusin toko offline saya yang satu, yang sepertinya harus tutup karena kena imbas pandemi corona ini. Jadi ya, belum bisa fokus 100%. Tapi alhamdulillah saya sendiri sudah memiliki bisnis bisnis autopilot untuk penjualan produk digital. Tetap semangat apapun usaha kita, yang penting tetap berusaha mencari Rezeki yang Halal semoga berkah untuk kita semua, amiin.

Satu hal yang perlu dikoreksi untuk mentor
Secara overall, kelas1m sangat membantu untuk anda yang ingin memiliki bisnis digital. Namun yang perlu digaris bawahi adalah khusus bagi anda yang masih pemula banget, saya sarankan jika ingin gabung, carilah affiliate yang memberikan bonus support layer ke-2. Apa maksudnya?
Jadi kurang lebih seperti ini, karena member kelas 1M itu ribuan… yang sering dirasakan membernya adalah kurangnya support after sales. Banyak sekali pertanyaan dari member yang lewat atau tidak dijawab, termasuk pertanyaan basic oleh pemula mengenai cara pembuatan atau setting website. Nah, makanya saya sarankan bagi pemula yang ingin gabung, carilah affiliate yang memberikan bonus support layer ke-2, yang mana bisa membantu jika nanti ada kesulitas disaat kelas dimulai. Anda bisa gabung di Group telegram ini yang akan membantunya >> t.me/waitinglistberkah

Info Pendaftaran Kelas 1M
Info eCourse Kelas1M bisa langsung check di websitenya kelas1m atau bagi yang ingin tahu lebih banyak mengenai eCourse ini termasuk agar bagi yang belum ikut bisa mendapatkan bonus spesial, bisa gabung di Group telegram kami di t.me/waitinglistberkah

Harga Pendaftaran Kelas1M Angkatan ke-3
Kabar baik bagi anda yang sedang menunggu-nunggu kelas ini dibuka lagi. Sesuai planning, kelas 1milyard ini akan dibuka pendaftaran lagi untuk angkatan ke-3 yaitu tanggal 4 Agustsu hingga 11 Agustus. Jadi kurang lebih dibuka selama 7 hari saja. Dan harganya sendiri dibandrol dengan harga Rp.1.000.000. Namun anda bisa mendapatkan potongan harga hingga 51% dengan memasukkan kode kupon “DIGISALE” (tanpa tanda petik).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *